Senin, 25 Oktober 2010

What's the different between Love and Lust (nafsu)?


DI MANA BEDA CINTA DAN NAFSU?
Sering sekali kita dibuat bingung untuk memberikan definisi atau perbedaan antara keduanya. ada pepatah mengatakan :

"Dari mana datangnya lintah
dari darat turun ke kali
dari mana datangnya cinta
dari mata turun ke hati"

padahal ada tuh yang mengatakan salah satu jenis cinta adalah cinta pada pandangan pertama. Gimana cara membedakan antara nafsu dan cinta pada pandangan dari lawan jenis kita ? it's easy man!

Nafsu : Jika lawan jenis atau doimu ketika memandangmu dengan pandangan menyeluruh, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. atau, jika kamu ajak ngomong si dia tidak fokus, malah merhatiin bibirmu, lalu turun ke bawah leher dan berhenti lama di situ. atau ketika ia memandangmu kamu lihat jakun (jawa : kolo menjing) nya naik turun...waah ati-ati deh kalau udah ngejumpai cowok yang demikian, kamu harus segera ambil langkah seribu, ngaciiir sebelum kamu dimangsa bulat-bulat. atau ketika kamu ngomong  si dia justru memainkan lidahnya membasahi bibir dan menggerakkan ke kiri, ke kanan atau atas bawah. kayak habis makan coklat gitu dech.



cinta : memandang dengan tenang dan teduh kemudian menunduk jika kamu berbicara (ini gaya seorang ustadz biasanya...hehehe) ataupun kalau tidak ia akan berusaha menfokuskan pandangannya pada wajahmu, ia berusaha mengimbangi  ketika kamu ngomong dan ikut memberi respon dengan tersenyum atau ketawa.

nafsu : buat yang suka adegan cium-ciuman (kalau ada yang gak suka bagus deh...gue lebih demen), tanda ia ciuman nafsu adalah ketika cowok melakukan kissing disertai gigitan, atau pagutan, setelah itu beralih ke tempat lain, ya leher ya kuping plus pakai jilat menjilat segala kayang si meong habis makan ikan..ih..ngeri kan. di samping itu ada tanda lain di saat ia menciummu tangannya 'bergerilya' ke tempat tempat sensitif kamu...hehehe tahu kan yang gue maksud???

cinta : ia melakukan kissing dengan tenang di  keningmu atau bibirmu (bagi yang suka n menganut faham kissing lho...kalau yang gak suka bagus juga), di saat mata kamu tertutup sekalipun ia memegang pinggangmu dengan mantap dan tidak gerilya ke mana-mana.

nafsu : Dia ngasih kado baju sutra seksi, berpotongan leher rendah dan bertali spaghetti pada hari ulang tahunmu. Plus, note "romantis" berisi permintaan untuk memakainya saat kamu jalan bareng dia nanti.

cinta : Saat kamu ultah, dia ngasih sepasang sandal lucu yang jadi incaranmu tiga bulan lalu. Atau, sebuah CD berisi lagu-lagu romantis kenangan kalian berdua.

nafsu : Dia berbaik hati mengikuti "perkembangan" tubuhmu. Saat kamu mulai kelihatan gendut, dia nggak ragu buat memintamu diet mati-matian! Saat dietmu gagal, dia jadi uring-uringan terus. Nggak jarang, aksi marah-marah tanpa sebab yang jelas ikut menimpamu. Dia bisa marah luar biasa dan ngambek berhari-hari saat penampilanmu dirasa kurang oke. Dia juga menuntutmu untuk tampil "cantik" sesuai request-nya.

cinta : Dia memang ngikutin "perkembangan" tubuhmu. Tapi, itu dilakukan karena dia takut kamu sakit. Maka, dia lebih beraksi saat kamu mulai jarang makan dan makin kurus. Ajakan makan siang bareng dan aksi manis membawakan makanan favoritmu jadi lebih sering dilakukan. dia nggak peduli kalau timbangan badanmu mulai bergeser ke kanan. Sikapnya juga nggak berubah saat kamu makin gendut. Selama kamu nyaman dengan bentuk tubuhmu, dia nggak pernah rewel. Baginya, kamu adalah bidadari paling cantik sedunia, dengan atau tanpa make-up. Waktu kamu sakit dan nggak mandi berhari-hari aja, dia masih tersenyum saat menatapmu. Sst, dia malah kurang suka tuh kalau kamu dandan terlalu terbuka.

lepas dari itu semua ada juga (seperti yang diutarakan mas Hendry Pb dalam wordpressnya) yang memberikan komparasi antara cinta dan nafsu  seperti di bawah ini, :


1. Cinta itu membahagiakan, Nafsu itu membahayakan
Cinta yang sebenarnya selalu menunjukkan jalan atau arah menuju kebahagiaan bagi orang-orang yang menjalaninya. Seorang pecinta yang sudah menemui dan memahami makna cinta sejati dalam dirinya akan berada dalam kondisi yang membahagiakan. Sebaliknya, orang-orang yang keliru dengan nafsu dan menganggap nafsu adalah cinta akan berada dalam kondisi yang membahayakan. Kita perlu ingat setan/iblis ada dimana mana saja untuk menggoda manusia agar terjerumus ke dalam keburukan jika kita menganggap nafsu adalah cinta!
Cinta dan nafsu seperti dua sisi dari matawang yang sama. Cinta adalah sisi positif, nafsu adalah sisi negatif dan wang itu adalah hubungan. Seseorang yang mencintai pasangannya dengan sebenar-benarnya cinta akan mengarahkan hubungannya menuju kebahagiaan sejati dengan cara menjaga dan menyayangi pasangannya. Tanpa bermaksud untuk menyakiti pasangan. Lain halnya dengan orang-orang yang menjalin hubungan dengan landasan nafsu, mereka akan membawa hubungannya kearah sex.Sekaligus menjerumus mereka ke dalam situasi yang membahayakan.


2.Cinta buat kita ketawa,Nafsu Buat kita kecewa
Kalau diibaratkan hubungan seperti sawah, maka cinta adalah padi dan nafsu adalah rumput liar.ketika seseorang menanam padi (cinta) di sawah (hubungan) maka secara automatik akan tumbuh juga rumput liar (nafsu). Kalau orang itu sudah mengetahui dan memahami apa itu padi (apa itu cinta), maka dia akan segera memotong rumput liar itu (nafsu) yang tumbuh di sawahnya (hubungan). Ketika tiba masa tuai, orang ini akan menuai hasil sawahnya (hubungan) yang ditanami padi (cinta) itu tadi berupa buah padi (kebahagiaan) . Lain dengan orang-orang yang keliru yang menyangka rumput liar (nafsu) sebagai padi (cinta). Mereka akan memelihara rumput liar (nafsu) dan tanaman padinya (cinta) akan mati. Ketika sampai masa untuk tuai, tentu mereka dapat hanyalah segulung rumput liar (nafsu) yang tidak sedap dimakan (kekecewaan) .
Di sinilah kita perlu brtanya kepada hati kita sendiri, apakah hubungan yang kita jalani dengan pasangan sudah biasa membuat kita ketawa atau hanya serangkaian kekecewaan yang kita dapat..? Kalau yang kita dapat hanya kecewa dan kecewa, ada baiknya untuk kita mengkaji kembali,apakah hubungan yang kita jalani berlandaskan cinta atau nafsu..?

3. Cinta selalu ingin memberi, Nafsu hanya ingin diberi
Ketika seseorang menjalin hubungan atas dasar cinta maka hal pertama yang dilakukannya adalah memberikan yang terbaik kepada pasangannya, bukan ingin diberi. Logikanya, kalau kita dan pasangan sama-sama ingin memberi (kita ingin memberi kepada pasangan dan pasangan ingin memberi kepada kita) secara automatik keduanya akan menerima. Tapi kalau kita dan pasangan ingin diberi (pasangan ingin diberi dan kita juga ingin diberi)so siapa yang akan memberi..? Pada akhirnya yang terjadi tidak ada yang akan diberi kerana tidak ada siapa diantara pasangan itu yang ingin memberi.(coba pikirkan maksud ayat yang dinyatakan nih)!

4. Cinta yang terbaik, Nafsu yang terbalik
Cinta selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik, berusaha memberikan yang terbaik untuk pasangan dan selalu memperlakukan pasangan dengan cara-cara yang baik. Bagaimana dengan nafsu..?
Diharapkan artikel diatas dapat memberi kita sedikit gambaran mengenai selalu ingin diberi dan cenderung memperlakukan pasangan ke arah yang menyesatkan. perbedaan antara nafsu dan cinta. Sehingga kita semua tidak terjerumus kedalam hubungan yang penuh nafsu!

so..menurut kamu mana yang lebih cocok?
 Up to you to make a decision......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ISTIKQOMAH MEMANG SULIT

Dulu di awal mula aku bikin blog ini, semangatnya bukan main. Blog ini benar benar aku mulai dari nol. Berawal dari sering buka alamat blo...