Sabtu, 31 Desember 2011

Hidup itu bermula dari huruf B



HIDUP ITU BERMULA DARI HURUF B DAN BERAKHIR DI HURUF D ( BIRTH  & DEATH)
TETAPI DI ANTARA KEDUA HURUF B & D ITU ADA HURUF C (CHOICE : PILIHAN)
HIDUP SELALU MENAWARKAN PILIHAN :

RENUNGAN DI PENGHUJUNG TAHUN

 



18.  Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang Telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS Al Hasyr : 18)


Tahun 2011segera berlalu, tahun 2012 telah terbentang di hadapan kita. Berkenaan dengan hal ini suatu ketika Imam Ghazali pernah bertanya 6 hal kepada murid-muridnya,

1.      "Menurut kalian siapakah yang paling dekat dalam hidupmu?"
Jawabannya bermacam-macam, ada yang menjawab ibu, bapak, saudara, paman , bibi, kekasih yang pada intinya adalah seseorang yang begitu special dalam hidup mereka. Imam Ghazali berkata,
"Jawaban kalian tidak salah. Ketahuilah  sesungguhnya yang paling dekat dalam kehidupanmu adalah KEMATIAN. Mengapa? Karena mati senantiasa mengintai kalian dari waktu ke waktu. Ia akan dating kepanpun ia mau. Kemanapun kalian pergi ia selalu menyertaimu. Bisakah kalian berpaling sedikt saja dari kematian? Rasanya tidak. Sebab kematian adalah janji Allah SWT. "Setiap yang bernyawa (pasti) akan merasakan mati." (QS Ali Imran [3]: 185). Lihat pula di QS Al Jumu'ah : 8 seperti di bawah ini :

Selasa, 15 November 2011

Cherokee...Suku Indian Muslim yang Punah




Anda pasti mengernyitkan dahi ketika mendengarnya. yach..bisa dimaklumi, karena nyaris tidak ada media yang membahas tentang Islamnya suku kuno Indian ini. lebih tragis lagi, sumber tertulis yang memuat tentang sejarah muslimnya suku Indian ini sangat-sangat sedikit. but don't worry abaut that, jika anda berjalan-jalan atau mengunjungi Washington, datanglah ke Perpustakaan Kongres (Library of Congress). Lantas, mintalah arsip perjanjian pemerintah Amerika Serikat dengan suku Cherokee, salah satu suku Indian, tahun 1787. Disana akan ditemukan tanda tangan Kepala Suku Cherokee saat itu, Abdel-Khak dan Muhammad Ibnu Abdullah.

Kamis, 10 November 2011

Bidadari mengagumkan ....Mehrunnisa the Twentieth Wife




Ketika pertama kali ku pegang buku novel ini dan aku baca sekilas synopsis di sampul belakang,
"hmmmm… buku yang menarik," gumanku.
Dan ternyata memang benar. Dari novel ini pula aku tahu istilah zenana, Khan-i-khanan dan istilah lain yang sama sekali asing di telingaku sebelumnya.
Kisah yang dibangun oleh Indu Sundaresman, menurutku, sangat apik dan terlihat sekali corak ketimuran. Lain halnya jika anda membaca Taj Mahal karya John Shors, meski menurut beberapa kalangan dan bahkan menjadi International Best seller, menurutku, warna kebaratan sangat kental dan menusuk, misal ketika ia menggambarkan perselingkuhan, adegan percintaan, pengkhianatan semuanya begitu vulgar dan budaya Barat jelas terekspresikan. Bahkan secara samar ia menuturkan lewat percakapan antara Jahanara dan Ladli (novel Taj Mahal) dalam sebuah penggalan paragraf, menjaga kesucian, tidaklah penting, asalkan itu diberikan kepada orang yang dicintai....(horoh opo tumon?)  Terlepas ia hanyalah sebuah novel, menurutku, John Shors begitu free mind  dan brangkali lupa bahwasanya ia sedang menuturkan kisah dalam ranah kesultanan dan dalam bungkus atmosfis keislaman. Hehehehe kok malah neglantur sih. (ntar deh bakal aku ulas buku John Shors tersebut).

Jumat, 28 Oktober 2011

PERMASALAHAN SEPUTAR KURBAN






Larangan Memperjual-Belikan Hasil Sembelihan (kulit, kepala, kaki)

Satu penyakit kronis yang menimpa ibadah qurban kaum muslimin bangsa kita, mereka tidak bisa lepas dari ‘fiqh praktis’ menjual kulit atau menggaji jagal dengan kulit. Memang kita akui ini adalah jalan pintas yang paling cepat untuk melepaskan diri dari tanggungan mengurusi kulit. Namun apakah jalan pintas cepat ini menjamin keselamatan??? Menjual kulit, kepala, kaki adalah suatu yang lazim pada sebagian kalangan panitia qurban demi efesiensi dan praktisisasi.  Berdasarkan riwayat Ali bin Abi Thalib karramallahu wajhah beliau mengatakan, 

Senin, 24 Oktober 2011

Manfaat dan cara kerja Bekam...Dahsyaat!



Hari ini aku merasa tubuhku benar-benar diambang kecapekan yang amat sangat. Orang Jawa biasa mengatasinya dengan kerokan atau pijit. Kerokan adalah salah satu terapi yang murah dan pada sebagian orang sangat manjur tetapi memiliki efek yang kurang baik yaitu pori-pori kulit menjadi lebih lebar. sementara pijit terapi yang lazim dipakai oleh sebagian orang untuk menghilangkan rasa penat, capek-capek pegel linu dan semacamnya. Jika pijit dilakukan oleh orang yang tidak profesional, yang saya maksud nih si tukang pijit tidak memiliki pengetahuan tentang tata letak urat saraf dan refleksi sehingga memijitnya asal-asalan, seperti yang banyak kita dijumpai di wilayah pedesaan. Apa yang kemudian terjadi? Pada sebagian orang tidak kesembuhan yang didapat malahan sebaliknya. hoorh opo tumon??  Sesungguhnya ada salah satu terapi yang lebih cepat memulihkan stamina, kebugaran dan fresh tatkala sehabis bangun tidur, yaitu bekam. Bekam baru aku kenal kira-kira 5 tahun yang lalu. Mulanya aku sempat menyangsikan cara kerja bekam. setelah aku mencoba...wow  fastastic. Bahkan akhir-akhir ini para dokter pun kemudian menganjurkan untuk terapi dengan cara berbekam. 

Jumat, 21 Oktober 2011

Akhirnya hujan turun juga....ada doa mustajab menyertainya



Setelah sekian lama menunggu, akhirnya hujan turun juga. tiada kata yang terucap selain Alhamdulillah...terima kasih ya Robb....semoga hujan ini membawa rahmat dan menentramkan bagi kami umatMu di Jogja ini. Bagaimana tidak, sumur-sumur kami telah mengering. Ternak-ternak kami telah mengembik karena kelaparan dengan tidak adanya rambanan (tumbuhan hijau sumber makanan ternak). Bahkan sebagian tetangga malah sudah mengundang tukang bor sumur untuk memperdalam atau menyuntik dengan pipa agar mendapatkan sumber debit air baru. Kemaru tahun ini memang dirasakan sangat panjang. 

Kamis, 20 Oktober 2011

Mengagumkan.....Nasehat Sultan HB X kepada putrinya

GKR Bendara saat dipondong oleh  KPH Yudanegara

Ada yang istimewa saat kita simak wejangan Ngarso Dalem Sultan HB X tatkala memberi nasehat kepada pengantin  GKR Bendara dan KPH Yudanegara ketika acara pamitan.
Sultan mengatakan bahwa pamitan sebagai prosesi terakhir dalam pernikahan itu bermakna bahwa nikah bukan saja untuk keperluan kedua pengantin, melainkan juga untuk membangun silaturahmi antara keluarga pria dan wanita, yakni bagaimana membangun martabat, melakukan hal-hal yang baik tanpa saling merendahkan atau menguasai. Ini tak lain dimaksudkan demi kebahagiaan pasangan pengantin baru.

Jumat, 16 September 2011

anak sulit bangun pagi



Punya anak sulit bangun pagi? jawabannya bagi kebanyakan orang tua pasti akan menjawab iya. lalu bagaimana caranya agar anak kita bisa bangun pagi? anakku yang pertama sekarang udah kelas 2. dari dulu yang namanya bangun pagi. ugh sulitnya minta ampun. naah..kemarin nih ada alasan agar aku bisa ngebangunin dia sepagi mungkin, bahkan ikutan sholat subuh berjmaah di masjid. mo tahu ceritanya?  mo tahu..? kayak ustadz Nur maulana aja ya. kekekekeke

betapa kita harus bersyukur

Rabu, 10 Agustus 2011

Fakta Ilmiah Hikmah Puasa Ramadhan

 
 
 
Pernahkah anda tahu, bahwa makhluk hidup selain manusia juga berpuasa, bahkan tumbuh-tumbuhan juga berpuasa dengan caranya sendiri. Dalam keadaan normal tubuh kita mendapatkan energi dan nutrisi dari luar tubuh melalui makanan, minuman dan radiasi. Ketika kita puasa disiang hari, dimana tidak ada asupan makan, aktifitas dan gerak kita akan membakar energi hingga habis.
Pertama-tama energi akan diperoleh dari glucosa hasil makan (sahur), setelah habis, energi diperoleh dari glicogen dalam darah. Bila kandungan glicogen berkurang, otak menyatakan lapar lalu menyuruh kita makan. Bila kita sedang berpuasa otak akan otomatis menghidupkan PROGRAM AUTOLISIS.

Rabu, 27 Juli 2011

Api Sejarah 2 luar biasa





Mahakarya Perjuangan Ulama & Santri dalam Menegakkan NKRI. Buku yang  akan Mengubah Drastis Pandangan Anda tentang sejarah Indonesia Sebuah Gugatan Historiografi Nasional. API SEJARAH 2  buku yang  akan menuntaskan kepenasaran anda akan kebenaran sejarah Indonesia. API SEJARAH 2 merupakan jilid ke-2 dari bestseller api sejarah yang mengungkap semua FAKTA yang tersembunyi dan disembunyikan tentang mahakarya Ulama dan Santri dalam menegakkan NKRI.


Buku yang sungguh berani ini, pernah dinyatakan hilang dan terancam tidak jadi terbit ketika draft naskahnya “dicuri” oleh “peminjam tanpa permisi” saat seminar API SEJARAH   di Gedung Juang ’45, Pemerintah Kotamadya Sukabumi.


Api Sejarah 1 (deislamisasi peran umat Islam dalam konstruksi sejarah Indonesia)

JudulApi Sejarah 1
PenulisProf. Mansur Suryanegara
PenerbitSalamadani
Jenis CoverSoft Cover



Buku yang akan mengubah drastis pandangan anda tentang sejarah Indonesia, adalah usaha yang dilakukan Prof. Mansur SN untuk menyalakan api sejarah umat Islam di Indonesia. “Buku ini adalah upaya kecil saya dalam melakukan pelurusan sejarah, khususnya kepada generasi muda Indonesia. Harus dipahami bahwa kekuasaan itu menentukan kepastian sejarah. Dan saya seperti juga kebanyakan ulama yang lainnya (baik di masa lalu maupun di masa kini) yang tidak duduk dalam struktural kekuasaan negeri ini. Menulis dan menerbitkan buku adalah usaha yang dapat saya lakukan untuk menyalakan api sejarah umat Islam di Indonesia, ” urai Ahmad Mansur kepada Annida-Online.

Jumat, 08 Juli 2011

Ternyata alam semesta berbentuk terompet?

 
Sekitar enam tahun silam sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh Prof. Frank Steiner dari Universitas Ulm, Jerman melakukan observasi terhadap alam
 semesta untuk menemukan bentuk sebenarnya dari alam semesta raya ini sebab prediksi yang umum selama ini mengatakan bahwa alam semesta berbentuk bulat bundar atau prediksi lain menyebutkan bentuknya datar saja.

Menggunakan sebuah peralatan canggih milik NASA yang bernama “Wilkinson Microwave Anisotropy Prob” (WMAP), mereka mendapatkan sebuah kesimpulan yang sangat mencengangkan karena menurut hasil penelitian tersebut alam semesta ini ternyata berbentuk seperti terompet.

Di mana pada bagian ujung belakang terompet (baca alam semesta) merupakan alam semesta yang tidak bisa diamati (unobservable), sedang bagian depan, di mana bumi dan seluruh sistem tata surya berada merupakan alam semesta yang masih mungkin untuk diamati (observable) (lihat gambar bentuk alam semesta dibawah).
Bentuk Alam Semesta
Di dalam kitab Tanbihul Ghofilin Jilid 1 hal. 60 ada sebuah hadits panjang yang menceritakan tentang kejadian kiamat yang pada bagian awalnya sangat menarik untuk dicermati.

Abu Hurairah ra berkata : Rasulullah saw bersabda :“Ketika Allah telah selesai menjadikan langit dan bumi, Allah menjadikan sangkakala (terompet) dan diserahkan kepada malaikat Isrofil, kemudian ia letakkan dimulutnya sambil melihat ke Arsy menantikan bilakah ia diperintah". Saya bertanya : “Ya Rasulullah apakah sangkakala itu?” Jawab Rasulullah : “Bagaikan tanduk dari cahaya.” Saya tanya : “Bagaimana besarnya?” Jawab Rasulullah : “Sangat besar bulatannya, demi Allah yang mengutusku sebagai Nabi, besar bulatannya itu seluas langit dan bumi, dan akan ditiup hingga tiga kali. Pertama : Nafkhatul faza’ (untuk menakutkan). Kedua : Nafkhatus sa’aq (untuk mematikan). Ketiga: Nafkhatul ba’ats (untuk menghidupkan kembali atau membangkitkan).

Dalam hadits di atas disebutkan bahwa sangkakala atau terompet malaikat Isrofil itu bentuknya seperti tanduk dan terbuat dari cahaya. Ukuran bulatannya seluas langit dan bumi. Bentuk laksana tanduk mengingatkan kita pada terompet orang – orang jaman dahulu yang terbuat dari tanduk.

Kalimat seluas langit dan bumi dapat dipahami sebagai ukuran yang meliputi/mencakup seluruh wilayah langit (sebagai lambang alam tak nyata/ghoib) dan bumi (sebagai lambang alam nyata/syahadah). Atau dengan kata lain, bulatan terompet malaikat Isrofil itu melingkar membentang dari alam nyata hingga alam ghoib.

Jika keshohihan hadits di atas bisa dibuktikan dan data yang diperoleh lewat WMAP akurat dan bisa dipertanggungjawabkan maka bisa dipastikan bahwa kita ini bak rama – rama yang hidup di tengah – tengah kaldera gunung berapi paling aktif yang siap meletus kapan saja.

Dan Allah telah mengabarkan kedahsyatan terompet malaikat Isrofil itu dalam surah An Naml ayat 87 : “Dan pada hari ketika terompet di tiup, maka terkejutlah semua yang di langit dan semua yang di bumi kecuali mereka yang di kehendaki Allah. Dan mereka semua datang menghadapNya dengan merendahkan diri.

Makhluk langit saja bisa terkejut apalagi makhluk bumi yang notabene jauh lebih lemah dan lebih kecil. Pada sambungan hadits di atas ada sedikit preview tentang seperti apa keterkejutan dan ketakutan makhluk bumi kelak.

“Pada saat tergoncangnya bumi, manusia bagaikan orang mabuk sehingga ibu yang mengandung gugur kandungannya, yang menyusui lupa pada bayinya, anak – anak jadi beruban dan setan – setan berlarian.”

Ada sebuah pertanyaan yang menggelitik, jika terompetnya saja sebesar itu, bagaimana dengan peniupnya dan bagaimana pula Sang Pencipta keduanya? Maha Besar Engkau Ya Allah, Allahu Akbar.
 
sumber : http://www.globalmuslim.web.id/2011/05/sekelompok-ilmuwan-berhasil-menemukan.html 

Sabtu, 02 Juli 2011

Keutamaan bulan Sya'ban dan ibadah-ibadah di dalamnya


Sya’ban adalah salah satu bulan yang mulia. Bulan ini adalah pintu menuju bulan Ramadlan. Siapa yang berupaya membiasakan diri bersungguh-sungguh dalam beribadah di bulan ini, ia akan akan menuai kesuksesan di bulan Ramadlan. Salah satu bulan antara Rajab dan Ramadhan yang banyak dilupakan manusia,sebagaimana disitir oleh nabi saw, karena ketidaktahuan manusia atau mereka telah dilenakan oleh kesibukan duniawi.
Dinamakan Sya’ban, karena pada bulan itu terpancar bercabang-cabang kebaikan yang banyak (yatasya’abu minhu khairun katsir). Menurut pendapat lain, Sya’ban berasal dari kata Syi’b, yaitu jalan di sebuah gunung atau jalan kebaikan. Dalam bulan ini terdapat banyak kejadian dan peristiwa yang patut memperoleh perhatian dari kalangan kaum muslimin. pengen tahu lebih tentang keutamaan bulan Sya'ban? cekidot please.


Jumat, 01 Juli 2011

Wasiat Rasulullah saw beberapa hari sebelum wafat



Wahai manusia , jika ada sebaik-baik petuah itulah petuah nabi kalian, 
manusia paling utama, Muhammad saw.
jika ada suri tauladan paling baik 
itulah tauladan yang diperlihatkan oleh nabi kalian, 
manusia yang hidup dalam kesederhanaan dan menanggung 
semua derita demi umatnya, dialah Muhammad saw

Pada suatu hari di Madinah, para sahabat mendengar suara Bilal memanggil mereka untuk berkumpul di mesjid. Kecemasan tampak pada wajah2 mereka. Mereka tahu sudah beberapa hari ini Nabi yang mulia jatuh sakit. Segera setelah mereka berada di mesjid, nabi keluar dari hujjrahnya, yaitu ruang kecil tempat tinggal Nabi disebelah masjid. Beliau dipapah Fadel & Ali, wajahnya pucat dan dahinya dibalut kain. Perlahan2 beliau menuju mimbar..


Beberapa orang sahabat sudah mulai terisak, sebagian besar menahan air mata.
Nabi lalu naik ke mimbar. Dia berkata, "Para hadirin, mendekatlah, berilah tempat kepada yang berada dibelakang kalian."
Orang2 merapat, mereka melihat kebelakang, tapi tidak ada orang lagi. Nabi masih menyuruh agar orang2 untuk merapatkan tubuhnya.

Wanita pertama yang masuk surga


Pernakah anda berpikir siapa wanita pertama yang pertama kali masuk surga ??apakah anda menduga bahwa wanita yang pertama masuk surga itu adalah Siti Fatimah? Atau ibunda beliau Siti Khadijah, atau Siti Aisyah ataukah salah satu dari keluarga Rasulullah Saw lainnya? Mmm. Jika iya, jawaban anda ternyata salah. Inilah hebatnya Islam, tidak mengenal istilah ‘nepotisme’ (hehehe). Ternyata wanita yang diperkenankan masuk surga pertama kali adalah seorang wanita yang bernama Muti’ah. Anda kaget? Sama seperti Siti Fatimah ketika itu, yang mengira dirinyalah yang pertama kali masuk surga. Apakah Muti'ah memiliki amalan yang luar biasa? ternyata tidak, amalannya sangat sederhana......


Kamis, 30 Juni 2011

Seberapa tinggi anda menghormati wanita


Seringkali ada yang berpendapat bahwa Islam menempatkan wanita sangat tidak layak, wanita dalam banyak hal dibawah subordinat laki-laki. Keadaan ini laku menyulut beberapa kaum pemerhati feminis untuk melakukan aktifitas guna mensejajarkan wanita dengan pria. Tidak tanggung-tanggung sampai sepak bola, tinju juga tidak luput dari bidikan mereka, demi mengejar yang namanya emansipasi wanita. sebenarnya bagaimana Islam memandang dan mendudukkan wanita dalam kehidupan?  sebelum kita menelusuri lebih jauh, ada baiknya  simak beberap poin di bawah ini.  Dalam hasanah Islam :

Kamis, 16 Juni 2011

Syi'ir tanpo waton Gus DUr

Buat para penggemar sholawat, atau penggemar Gus Dur atau anda yang belum mengenal sama sekali tentang syiir berikut ada baiknya anda menyimak. Ada makna mendalam ketika anda menyimaknya dengan seksama, diresapi, dihayati sambil rengeng-rengeng apalagi sambil nyruput teh nasgitel (panas legi tur kenthel) wes dijamin anda akan merasakan atmosphir suluk ketenangan jiwa.  monggo pun pencet sebelah kanan sudah saya tampilkan lagunya....
Syi'ir Tanpo Waton
al-magfurlah KH Abdurrahman Wachid (Gus Dur)
استغفر الله ربّ البرايا # استتغفر الله من الخطا يا
ربّي زدني علما نافعا # ووفّقني عملا صالحا

يا رسول الله سلام عليك # يا رفيع الشان و الدرج
عطفة يا جيرة العالم # يا أهَيل الجود والكرم


Ngawiti ingsun nglaras Syiiran
Kelawan muji marang Pangeran
Kang paring rahmat lan kenikmatan
Rino wengine tanpo pitungan

Duh bolo konco priyo wanito
Ojo mong ngaji Syare'at bloko
Gur pinter ndongeng, nulis lan moco
Tembe mburine bakal sengsoro

Akeh kang apal Qur'an haditse
Seneng ngafirke marang liyane
Kafire dewe gag di gatekke
Yen isih kotor ati akale

Gampang kabujuk nafsu angkoro
Ing pepaese gebyare ndunyo
Iri lan meri sugihe tonggo
Mulo atine peteng lan nisto

Ayo sedulur jo nglaleake
Wajibe ngaji sak pranatane
Nggo ngandelake iman tauhite
Baguse sangu mulyo matine

Kang aran soleh bagus atine
Kerono mapan seri ngelmune
Laku thoriqot lan ma'rifate
Ugo hakikot manjing rasane

Al-Qur'an Qodim wahyu minulyo
Tanpo ditulis biso diwoco
Iku wejangan guru waskito
Den tancepake ing njero dodo

Kumantil ati lan pikiran
Mrasuk ing badan kabeh jeroan
Mu'jizat Rosul dadi pedoman
Minongko dalan manjinge iman

Kelawan Allah kang moho suci
Kudu rangkulan rino lan wengi
Ditirakati diriyadhohi
Dzikir lan suluk jo nganti lali

Uripe ayem rumongso aman
Dununge roso tondo yen iman
Sabar narimo najan pas pasan
Kabeh tinakdir saking pengeran

Kelawan konco dulur lan tonggo
kang podo rukun ojo ngasio
Iku sunahe Rosul kang mulyo
Nabi Muhammad panutan kito

Ayo nglakoni sakabehane
Allah kang bakal ngangkat derajate
Senajan ashor toto dhohire
Ananging mulyo maqom drajate

Lamun palastro ing pungkasane 
Ora kesasar roh lan sukmane
Den gadang Allah swargo manggone
Utuh mayite ugo ulese
 

Sabtu, 14 Mei 2011

Misteri Gempa Jogja 5 tahun silam mulai terkuak


Pernahkah kamu mendengar bahwa gempa di Jogja 2006  5 tahun silam, bukan hasil dari tumbukan pertemuan gerakan lempeng indo australia melainkan efek dari ledakan termo nuklir? terus, gimana itu sekarang bisa terkuak, simak saja pengakuan nelayan Australia berikut, bener tidaknya silahkan nanti kita cek bersama-sama lewat penelusuran tulisan-tulisan terkait berikutnya...cekidot please!

Setelah 2 Tahun Bungkam Akhirnya Sang Nelayan Australia itu Mengungkapkan Rasa Bersalah nya yang gak kunjung Hilang terus menghantuinnya hari ke hari akhirnya sang nelayan Australia berhasil kami wawancarai, berikut ini sedikit kutipan dari hasil wawancara via phone :

Sabtu, 07 Mei 2011

XIII The Conspirasi


filmxiii1

Tengah malam tadi, kebetulan aku sempet nyaksiin Film di atas di layar kaca Trans. melihat komposisi pemainnya sih cukup memberikan nilai 'jual' awal kalau film ini bakalan bagus. Siapa yang gak kenal Stephen Dorff dan Val Kilmer.  Ketika keluar  tema  di awal film  aja sudah membuatku 'kesetrum', pasti kagak bakalan ngantuk nih, pikirku. apalagi film ini diawali dengan kemunculan Presiden wanita pertama USA Sally Sheridan yang  tewas ditembak setelah membawakan pidato pada perayaan hari veteran di Raleigh, North Carolina. Setelah melakukan misinya, sang penembak justru diincar nyawanya oleh sesama temannya sendiri walau dia berhasil lolos dengan membawa luka parah. Tiga bulan kemudian di Virginia barat, seorang pria tua menemukan pemuda luka parah yang parasutnya tersangkut di pepohonan. Pemuda tersebut siuman tanpa memiliki ingatan apapun tentang identitas dirinya. Petunjuk yang ada hanya tato di dada dekat pundak kirinya yang bertuliskan angka XIII (tiga belas dalam huruf romawi) dan memory card yang tersembunyi di jam tangannya.

Senin, 02 Mei 2011

film ? : (toleransi yang salah kaprah) apa maunya?

Soal akidah, di antara Tauhid Mengesakan Allah, sekali-kali tidaklah dapat dikompromikan atau dicampur-adukkan dengan syirik. Tauhid kalau telah didamaikan dengan syirik, artinya ialah kemenangan syirik.” 
 
(Prof. Hamka, dalam Tafsir al-Azhar)

PERLU digarisbawahi, saat menonton film “?” (Tanda Tanya) pada tayangan perdana, 6 April 2011 lalu, saya adalah seorang Muslim. Saat memberikan komentar dan memberikan catatan kritis ini, saya juga tetap Muslim, dan saya menggunakan perspektif Islam dalam menganalisis film “?”. Sebagai Muslim, saya telah berikrar: "Tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah." 
Dengan syahadat Islam itu, saya bersaksi, saya mengakui, bahwa Tuhan saya adalah Allah. Tuhan saya bukan Yahweh, bukan Yesus, bukan Syiwa. Tuhan saya Satu. Tuhan saya tidak beranak dan tidak diperanakkan. Saya mengenal nama dan sifat Allah bukan dari budaya, bukan dari hasil konsensus, tapi dari al-Quran yang saya yakini sebagai wahyu dari Allah kepada Nabi Muhammad saw. Karena itu, sejak dulu, dan sampai kiamat, saya dan semua orang Muslim memanggil Tuhan dengan nama yang sama, Allah, yang jelas-jelas berasal dari wahyu.

Minggu, 01 Mei 2011

Holocaust : Misteri Yahudi Yang Penuh Kebohongan (2)

 Orang-orang Yahudi di sekeliling Hitler

 
 
Kecurigaan seputar Holocaust akan semakin tampak kentara kalau diamati dengan seksama siapakah orang-orang dekat Hitler pada waktu dia memimpin Jerman dengan Nazi-nya. yach,..sebuah keniscayaan jika orang Yahudi akan membunuh saudaranya sendiri, sesama Yahudi, apalagi dalam jumlah sebesar itu ??  setidaknya Hitler menurut analisaku adalah 'korban' dari rencana besar yang telah mereka susun jauh sebelumnya. Guna mendapatkan impian lama mereka tentang 'promise land' maka skenario itu harus ada yang menjalankan, seperti halnya Libya sekarang, harus ada aktor yang menjadi Martil penghajar negara kaya minyak itu, sementara mereka berpesta pora memanggil sejumlah kalangan artis TOP Barat untuk berdendang dan menari di negara Zionis mereka. Rencana berikutnya adalah, harus ada yang dijadikan korban. HITLER! hingga kini seolah-olah adalah momok bagi mereka, padahal sesungguhnya mereka harus berterima kasih yang tiada terkira kepadanya. Oleh karenanya Hitler akhirnya mengakhiri hidupnya sendiri dengan cara bunuh diri di depan teman wanitanya, EVA. uugghh...menyedihkan dan tragis ..kau Hitler??

Sabtu, 30 April 2011

Holocaust : Misteri Yahudi Yang Penuh Kebohongan (1)


Kata Holocaust aku dengar pertama kali dulu ketika masih di bangku SMTA, itupun masih sebatas pengertian kepada peristiwa di Jerman tentang pembantaian terhadap kaum Yahudi. Parahnya, pengertian itu tidak lalu aku ikuti dengan cara menelusuri sumber-sumber yang berkaitan dengan hal itu. Maksudnya, tentu saja cross check tentang akuratisisasi data atau benar tidaknya berita itu. Rasa penasaranku, paling tidak sekarang sudah mulai terkurangi dengan semakin tersibaknya kabut gelap di seputar Holocaust. Apalagi dengan mendengar statement Ahmad Dinejad yang dengan lantang berani mengatakan bahwa Holocaust adalah hoax, sesuatu yang sebenarnya direkayasa keberadaannya, semakin membuncah rasa penasaranku untuk membongkar 'file' ini.  so baca aja dech selengkapnya di bawah ini. 

Minggu, 03 April 2011

Ternyata Yahudi pun boikot produk Zionis

Hidayatullah.com–Sejumlah orang Yahudi penduduk Israel ternyata sudah belasan tahun memboikot produk-produk ‘dalam negeri’ mereka sebagai protes atas kekejaman Zionis terhadap bangsa Palestina. Bagaimana kita? Mya Guarnieri, jurnalis asal Tel Aviv, semula meragukan efektivitas kampanye Boycott Divestment and Sanctions (BDS, boikot, divestasi, dan sanksi demi melawan Zionis secara ekonomi).
Namun, sebagaimana dilaporkan Al-Jazeera, dia memahami tiga prinsip utama gerakan ini: menghormati hak rakyat Palestina untuk kembali ke tanah air mereka –sebagaimana termaktub dalam resolusi PBB 194; mengakhiri penjajahan dan; memberi kesamaan hak bagi rakyat Palestina.

Kamis, 31 Maret 2011

BIOGRAFI DAN KISAH ABU NAWAS



Tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita akan nama sang tokoh kocak “Abu Nawas”  saking masyhurnya nama tersebut hingga kadang kita tidak mengetahui siapa   nama asli dia sebenarnya. Nama asli Abu Nawas adalah Abu Ali al-Hasan bin Hani al-Hakami. Dia dilahirkan pada 145 H (747 M ) di kota Ahvaz di negeri Persia (Iran sekarang), dengan darah dari ayah Arab dan ibu Persia mengalir di tubuhnya. Ayahnya, Hani al-Hakam, merupakan anggota legiun militer Marwan II. Sementara ibunya bernama Jalban, wanita Persia yang bekerja sebagai pencuci kain wol. Sejak kecil ia sudah yatim. Sang ibu kemudian membawanya ke Bashrah, Irak. Di kota inilah Abu Nawas belajar berbagai ilmu pengetahuan.

Selasa, 22 Maret 2011

A Man and His Crying

   
Rasanya mungkin aneh sewaktu saya mengatakan pada seseorang "Ayolah kawan, menangislah, Jangan simpan tangismu kalau memang ada yang ingin kamu tangisi". Mungkin (lagi !) hal tersebut tidak akan menjadi aneh kalau saya mengatakan hal tersebut pada seorang teman wanita, tapi masalahnya saya mengatakannya pada seorang teman lelaki. Namun, apakah pendapat seperti itu memang benar ataukah salah ? Tapi satu hal yang pasti, saya mengatakan hal tersebut bukan lantaran ingin menunjukkan saya lebih tegar dibanding dia dan ingin menunjukkan kelemahannya, atau biar saya bisa berbicara " ternyata dia seorang yang cengeng" atau pendapat-pendapat yang bertendensi melemahkan kaum lelaki lainnya. Tentu saya tidak berani, sebab dia ataupun kaum lelaki lainnya pasti tidak menyukai hal tersebut dan saya pasti akan mendapatkan kritik yang begitu banyak.

Love is Like Waiting For a Bus

 

   
Pernah jatuh cinta? jawabannya mesti iyaaa..... dong! pernah punya adik yang jatuh cinta? jawabannya bisa iya bisa enggak. Taruhlah kamu mempunyai seorang adik perempuan yang lagi jatuh cinta, cinta pertama lagi.  Lalu kamu memberi saran, tetap saja tidak mempan, kamu beri nasehat malah dianggap sok tahu. kamu ajak sharing malah dibilang "mind your bisnis!" lha ya iya...orang lagi jatuh cinta itu segalanya tampak indah. semua omongan tidak akan pernah didengar kecuali dari orang yang sedang ia sayangi. tapi jangan putus asa, ada baiknya kamu ceritakan kepadanya tentang ibarat cinta. cinta itu laksana menunggu bus.

Senin, 21 Maret 2011

Air Mata Ibu






Ibu menangis. Air mata mengucur di pipinya yang cekung. Ketika itu aku
baru selesai berdzikir setelah mengimaminya. Tasbih ditangannya terus
berputar, bersama dzikir yang terus terlantun dari bibirnya. Ibu khusyuk
dalam isak dan deraian air mata.  "Kenapa Ibu menangis?" pertanyaan itu terpaksa kusimpan. Aku tidak akan mengganggu Ibu yang masih khusyuk dengan dzikir. Aku memikirkan berbagai kemungkinan penyebab menangisnya Ibu. Mungkinkah kematian Bapak? Tapi,  bukankah kematian Bapak sudah lama sekali? Sudah lima tahun. Atau karena tanah kuburan Bapak yang tidak mendapat izin untuk dibeton dan hanya boleh didirikan batu nisan. Hal itu tidak akan membuat Ibu menangis. Aku sangat  mengenal Ibu. Ibu paling tidak menyukai hal-hal yang berbau kemewahan. Ibu  selalu ingin menginginkan kesederhanaan.
Kenapa Ibu menangis? Sayang aku sangat jarang pulang dan tidak bertemu Ibu
setiap hari. Hingga aku kurang mengetahui keadaan Ibu belakangan ini.
Mungkin ada suatu persoalan yang membebaninya....

Minggu, 20 Maret 2011

MARAH DAN PAKU


video

Suatau ketika terdapatlah seorang anak lelaki pemarah. siapapun diantara kita yang memiliki anak pemarah pasti bisa merasakan dan dengan cara berbeda pula kita menangani kasus semacam ini. sang bapak kemudian memberikan solusi dengan cara memberinya paku 50 buah. 
"Nak, ketika engkau marah maka gunakan paku itu lalu pakulah pagar di belakang rumah!" 
Dan begitu seterusnya di setiap sang anak marah ia kemudian menancapkan paku  di pagar belakang rumahnya.

Kita perlu berguru kepada BANGSA HEBAT!

Jepang pasca stunami 2011
Ada yang membuat saya miris sekaligus tergetar ketika mengikuti perjalanan Jepang menghadapi musibah beruntun dimulai dari gempa bumi, stunami dan kebocoran pada PLTNnya. Berawal  ketika gempa mengguncang kita bisa saksikan  mereka sangat tenang, tidak kelihatan gugup atau ketakutan. Bahkan ketika saya membuka Youtube tentang video-video seputar rescue terhadap penduduk  ketika stunami melanda  serta  sikap masyarakat jepang ketika antre menaiki tangga gedung dengan sangat tertib tidak ada satupun yang saling serobot, apalagi saling sikut. Tidak hanya itu, di sana  tidak kita dapati rebutan bantuan sembako (kayak negeri kita) mereka tetap sabar dalam kekurangan yang mendera. Harga kebutuhan pokok juga terkendali dengan sangat baik (berbeda jauh dengan negeri kita yach...keadaan seperti ini malah digunakan sebagian orang untuk meraup 'durian runtuh'...hik..hik..hik . nangis.com)

Sabtu, 05 Maret 2011

Mengukur kecintaan kita terhadap anak dan harta benda



Memasukkan mobil ke dalam garasi adalah hal biasa yang kita lakukan. artinya banyak kebiasaan-kebiasaan serupa yang saban hari kita lakukan.  Tetapi ketika kita dapati ada lecet sedikit di bagian bamper depan atau body samping mobil apa yang lalu terjadi pada diri kita? waaah...mobilku lecet! mobilku tergores! celakaa...! seolah sesuatu luar biasa telah menimpa mobil kita.  

Kamis, 03 Maret 2011

Betapa shalat kita kecil tak berarti untuk membeli surga

 
 
 Salah satu tanda seorang muslim adalah melaksanakan sholat 5 waktu dalam sehari semalam sebagai bukti ketaatan dan bentuk kepasarahan kepada Allah SWT.  Tapi pernahkah kita menghitung berapa menit kita shalat saban rekaatnya? Berapa lamakah kita shalat dalam sehari semalam? Jika setiap rakaat kita perkirakan dua menit, maka dalam sehari-semalam jumlahnya ada 34 menit. Artinya?

misteri segitiga bermuda terkuak




dengan satu nama ini siapapun mesti sudah tak asing lagi. ya, segitiga bermuda, sebuah nama yang menyimpan misteri besar hingga kini. Sebenarnya wilayah Segitiga Bermuda ini tak benar bila dikatakan segitiga, sebab atas-batas dari petunjuk kapal-kapal atau pesawat terbang yang hilang sudah melebihi dari bentuk bsegitiga itu. Segitiga itupun hanya merupakan imajinasi saja. Bila kita ambil peta, kita buka di bagian Amerika Tengah, di sana terdapat banyak kepulauan Hindia Barat. Untuk mengetahui bagaimana bentuk dari Segitiga Bermuda itu, kita tarik garis dari kota Miami ke kota San Juan di Puerto Rico; dari San Juan ke pulau Bermuda; dan kembali ke Miami di daerah Florida, Amerika.

Selasa, 22 Februari 2011

Dakwah Islam kini telah merambah Hollywood

 
LOS ANGELES – Teroris adalah Muslim. Begitu pula sebaliknya. Itulah yang selama bertahun-tahun tergambar dalam film-film besutan Hollywood. Namun, ke depan gambaran ini perlahan-lahan akan dikikis. Adalah The Muslim Public Affairs Council (MPAC) yang menggagas dakwah di antara insan perfilman Holywood. Pengajarnya, adalah insan-insan perfilman yang sebelumnya pernah berjaya di ajang Emmy Awward atau Academy Awward. Mereka akan membedah bagaimana semestinya sebuah film yang menggambarkan tentang Islam dibuat.



Muhammad saw di mata para tokoh dunia

Nabi Muhammad adalah sosok yang begitu di puja oleh umat Islam, sebagai manusia sempurna dengan membawa rahmat bagi alam, cerita tentang kehidupannya ratusan tahun yang lalu masih menjadi topik yang hangat untuk di perbincangkan oleh para pakar di seluruh dunia, mari kita simak pendapat para pakar dunia di bawah ini :


MAHATMA GANDHI (Komentar mengenai karakter Muhammad di YOUNG INDIA) :
Pernah saya bertanya-tanya siapakah tokoh yang paling mempengaruhi manusia. Saya lebih dari yakin bahwa bukan pedanglah yang memberikan kebesaran pada Islam pada masanya. Tapi ia datang dari kesederhanaan, kebersahajaan, kehati-hatian Muhammad; serta pengabdian luar biasa kepada teman dan pengikutnya, tekadnya, keberaniannya, serta keyakinannya pada Tuhan dan tugasnya. Semua ini menyingkirkan segala halangan.

Minggu, 30 Januari 2011

Sejarah Crop Circle dari masa ke masa



Inilah salah satu sejarah terbentuknya Crop Circle, Saat ini mungkin lagi heboh-hebohnya penampakan Crop Circle di Sleman, Yogyakarta. biar tidak tambah heboh ada baiknya kita sedikit tahu sejarah asal muasal terbentuknya crop circle di dunia ini. karena sejarah adalah referensi terbaik guna memecahkan teka-teki di seputar crop circle yang sekarang lagi demam di Indonesia. paling tidak sudah ada 3 kemunculan, Sleman Yogyakarta, Bantul Yogyakarta dan yang terakhir Magelang Jawa Tengah. apakah ini buatan manusia, atau bekas pendaratan pesawat UFO atau hanya fenomena alam ? untuk lebih jelasnya simak aja dech...

Crop circle atau pola sirkuler di ladang pertanian, dikabarkan muncul pertama kali di Inggris pada tahun 1647. Kemunculannya dipublikasikan luas di media massa sejak akhir 1970-an. Fenomena ini kebanyakan muncul secara misterius di malam hari.

Penjelasan Ilmiah tentang fenomena Crop Circle


Gimana kabar sobat semua, sory banget kalau lama gak nongol...lagi rada sibuk ceritanya. so anyway, meskipun demikian tidak lalu kita cuek ama berita terkini yang lagi anget-angetnya ( kayak wedang ronde aja)  soal Gayus, tentu saja atau soal crop circle ? Lha meski rada sangat telat, kalau tidak mau dibilang sudah kesiangan..hehehe. Soale nunggu orang biar pada bingung dulu. Lepas dari itu semua,  menurutku, sesuatu  dikatakan baru adalah subjektif. untuk lebih gamblangnya begini nih, sebuah buku terbitan tahun 1980 mungkin akan dikatakan kadaluwarsa untuk konsumsi tahun ini. Tetapi sebenarnya buku itu tetap saja dikatakan  BARU bagi orang yang baru pertama kali melihat dan membaca di tahun ini, meski ia diterbitkan 30 tahun yang lalu. So, daripada bertele-tele...hehehe..mendingan cekidot aja deh penjelasan ilmiah  mengenai corp circle berikut ini.

Senin, 17 Januari 2011

The Devil's Advocate


Malam tadi aku ama istri kebetulan nonton ampek larut, biasa...malam minggu kan waktu santai ama keluarga. nah pas tengah malam kita lihat film di atas. melihat dari judul filmnya aja udah bisa dibayangkan kan...seorang pengacara setan atau paling tidak film ini akan memaparkan tentang pengacara yang berkarakter setan atau paling tidak ia bekerja untuk setan, begitu sekelebat pemikiran yang hinggap di otakku.
ketika di awal film ku saksikan si wajah ganteng Keanu Reeves (Kevin Lomax)  dan wajah istrinya yang manis, siapa lagi kalau bukan Charlize Theron (Mary Ann lomax) salah satu aktris peraih Academy Award, sebagai aktris terbaik lewat filmya Monster (2003)  atau kalau kamu demen ama film berbau romantic lewat filmya Sweet November (2001) nongol, aku berguman dalam hati...ini pasti film yang  menarik alias sayang untuk dilewatkan! terlebih lagi ketika muncul karakter aktor gaek yang sangat piawai dalam memerankan tokoh apapun Al Pacino  Wow...jaminan bakalan seru dech film ini. !

Selasa, 04 Januari 2011

Matahari Cincin di Yogyakarta, pertanda apakah?


GMC dilihat dari Condong Catur Yogya, 4 Jan 2011


GMC dilihat dr Polda di Yogyakarta
Siang ini ada sesuatu yang tidak biasa di Yogyakarta. sebagian masyarakat dihebohkan oleh sebuah benda bercahaya di atas langit.  ini semua karena di atas langit Jogja terlihat matahari cincin yang sangat besar. Melihat fenomena itu seorang kawan saya kemudian menghubungi rekannya di Jawa timur untuk  melihat fenomena Gerhana Matahari Cincin (selanjutnya disingkat GMC) atau biasa disebut dengan HALO Matahari, apakah fenomena indah ini bisa disaksikan dari Jawa Timur. ternyata  fenomena GMC di Jatim sama sekali tidak terlihat. kegemparan juga hampir di rasakan sebagian masyarakat jogja, terutama bagi mereka yang suka otak-atik gathuk (kejadian yang dihubung-hubungkan dengan mitos atau mistis) terlebih emang akhir-akhir ini Jogja sering dilanda musibah, mulai dari gempa bumi hingga letusan Merapi kemarin.  Tidak sedikit rekan-rekan kantor yang mengabadikan moment istimewa tersebut dengan kamera ponselnya.

Selamat Datang Cinta 2011

alhamdulillah, tahun baru ini Allah memberi sedikit waktu untuk beristirahat. iya, badan lagi tidak mau diajak kompromi, kelelahan setelah setahun penuh digenjot untuk menunaikan tugas-tugas mulianya. thanks ya Robb, dengan sakit ini hamba justru semakin dapat merasakan betapa nikmat sehatMu demikian hebatnya, betapa nikmat sehatMu demikian berharga. bersamaan dengan itu pula aku dapat sms dari sahabatku, begini nih smsnya.
"Banyak manusia suka akan DOSA, diantaranya :
1. DOSArapan
2. DOSAndalan
3. DOSArungan
4. DOSAyang-sayangan
5. DOSAkarepe dewe
dan yang paling parah adalah
6. DOSAmbat ra nduwe nduwit...
ndak apa-apa yang penting DOSAe-sae kemawon, DOSAlam-salaman,
selamat tahun baru 2011....merdeka!"
gimana...hehehehe
ada renungan yang ingin saya bagi kepada sobat di awal tahun ini :
"Kita lahir dengan dua mata di depan wajah kita, karena kita tidak boleh selalu melihat ke belakang. Tapi pandanglah semua itu kedepan, pandanglah masa depan kita. Duren-duren roti roti biyen-biyen saiki-saiki (beda orang Jawa beda pula orang Inggirs olehnya mengungkapkan. kalau mereka bilang begini " Lets by gone be by gone" jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih begini : biarlah masa lalu terus berlalu)

Kita dilahirkan dengan 2 buah telinga di kanan dan di kiri, supaya kita bisa mendengarkan semuanya dari dua sisi. Untuk bisa mengumpulkan pujian dan kritik dan menyeleksi mana yang benar dan mana yang salah.

Kita lahir dengan otak didalam tengkorak kepala kita. Sehingga tidak peduli semiskin apapun kita, kita tetap kaya. Karena tidak akan ada satu orang pun yang bisa mencuri otak kita, pikiran kita dan ide kita. Dan apa yang anda pikiran dalam otak anda jauh lebih berharga dari pada emas dan perhiasan.

Kita lahir dengan 2 mata, 2 telinga tapi kita hanya diberi 1 buah mulut. Karena mulut adalah senjata yang sangat tajam, mulut bisa menyakiti, bisa membunuh, bisa menggoda, dan banyak hal lainnya yang tidak menyenangkan. Sehingga ingatlah bicara sesedikit mungkin tapi lihat dan dengarlah sebanyak-banyaknya.

Kita lahir hanya dengan 1 hati jauh didalam tulang iga kita. Mengingatkan kita pada penghargaan dan pemberian cinta diharapkan berasal dari hati kita yang paling dalam. Belajar untuk mencintai dan menikmati betapa kita dicintai tapi jangan pernah mengharapkan orang lain untuk mencintai kita seperti kita mencintai dia.

Berilah cinta tanpa meminta balasan dan kita akan menemukan cinta yang jauh lebih indah. "
selamat tahun baru 2011. selamat berjuang dengan cinta, selamat berjuang mewujudkan cinta, dan selamat berjuang menebarkan cinta.

ISTIKQOMAH MEMANG SULIT

Dulu di awal mula aku bikin blog ini, semangatnya bukan main. Blog ini benar benar aku mulai dari nol. Berawal dari sering buka alamat blo...