Rabu, 27 Juli 2011

Api Sejarah 1 (deislamisasi peran umat Islam dalam konstruksi sejarah Indonesia)

JudulApi Sejarah 1
PenulisProf. Mansur Suryanegara
PenerbitSalamadani
Jenis CoverSoft Cover



Buku yang akan mengubah drastis pandangan anda tentang sejarah Indonesia, adalah usaha yang dilakukan Prof. Mansur SN untuk menyalakan api sejarah umat Islam di Indonesia. “Buku ini adalah upaya kecil saya dalam melakukan pelurusan sejarah, khususnya kepada generasi muda Indonesia. Harus dipahami bahwa kekuasaan itu menentukan kepastian sejarah. Dan saya seperti juga kebanyakan ulama yang lainnya (baik di masa lalu maupun di masa kini) yang tidak duduk dalam struktural kekuasaan negeri ini. Menulis dan menerbitkan buku adalah usaha yang dapat saya lakukan untuk menyalakan api sejarah umat Islam di Indonesia, ” urai Ahmad Mansur kepada Annida-Online.


Buku Api Sejarah berisi tentang sejarah perjuangan Indonesia yang belum pernah terungkap dan diungkap. Beberapa fakta sejarah seperti Indonesia yang telah diislamkan sejak lama dapat dilihat dari simbol-simbol keislaman seperti warna bendara Sang Saka Merah Putih yang diadaptasi dari warna Islam, bukan dari lambang Majapahit, yang selama ini diketahui khalayak, pergerakan organisasi dan partai Islam yang mengupayakan kemerdekaan RI, sampai asal – usul beberapa pejuang Islam, diungkap secara lugas, tajam dan bernas oleh Ahmad Mansur Suryanegara.

Membaca halaman demi halaman buku API SEJARAH bagi saya adalah seperti sebuah cermin bagi SERBASEJARAH, meski tak serupa dan jauh dari kata “sama” tetapi spirit “API” semoga menemukan titik sambung. Lebih dari 200 posting Serba sejarah sejak November 2008 berupaya menunjukkan kiprah perjalanan sejarah Islam Indonesia dan Alhamdulillah dengan adanya buku API SEJARAH banyak fakta dan data serta rekonstruksi sejarah yang melengkapi dan memperkaya khazanah pemahaman sejarah dari sang pembelajar.

Kenapa seperti sebuah cermin ? karena nalar penulisan SERBASEJARAH “mudah-mudahan” sama dengan nalar penulisan API SEJARAH, meskipun tentunya keluasan argumentasi, fakta, data dan kedalaman analisa pastinya Prof. Mansur lebih dalam, timbang sang pembelajar dalam posting serbasejarah.

Banyak fakta dan data yang “tersembunyi” dan “disembunyikan” yang diungkap dalam buku API SEJARAH memperkaya argumentasi dari beberapa tulisan yang sudah terposting dalam serba sejarah. Diantaranya : Sejarah Masuk Islam ke Indonesia yang dimulai abad ke-1 dan 2 Hijriah sampai perjuangan para wali di Indonesia, Perjuangan Gerakan Islam melawan penjajah Belanda yang dalam buku API SEJARAH dimotori oleh para Ulama dan Santri seperti Cut Nyak Dien, Imam Bonjol, Perdebatan Islam no Islamnya Sisingamangaraja XII, Para Tokoh Perang Jawa, Pangeran Dipenogoro, Perang Banjar, serta Kapitan Patimura. Fakta-fakta diatas bisa kita baca terutama dalam bab 2 dan 3 buku API SEJARAH yaitu bab kedua tentang ” Masuk dan Perkembangan Agama Islam di Nusantara Indonesia serta bab ketiga tentang ” Peran Kekuasaan Politik Islam Melawan Imperialisme Barat”.

Sementara bab keempat atawa bab terakhir dalam buku API SEJARAH membahas tentang “Peran Ulama dalam Gerakan Kebangkitan Kesadaran Nasional (1900-1942)” dimulai dengan menyoroti tokoh sejarah wanita R.A Kartini dan Raden Dewi Sartika, Kehadiran Snouck Hurgronje yang menjadi tink-tank politik Islam Hindia Belanda, Melumpuhkan Ulama melalui Politik Etis, Kebangkitan Nasional, Tentang Boedi Utomo, Syarikat Dagang Islam dan Syarikat Islam, lahirnya gerakan Islam yaitu Muhammadiyah, Nahdlatoel Oelama, Persatoean Islam, serta lainnya.

Segala fakta dan data yang ditampilkan dalam API SEJARAH terhadap peristiwa – peristiwa sejarah di atas betul – betul akan ” Mengubah Drastis Pandangan Tentang Sejarah Indonesia “, karena API SEJARAH mampu menemukan fakta yang “tersembunyi” dan meluruskan data dari yang “disembunyikan”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share it

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

visitor online traffic

recent visitor

widgeo.net