Kamis, 26 Januari 2012

Hari ini Efek Badai Matahari Menghantam Bumi



Metrotvnews.com, New York: Bumi dibombardir partikel-partikel tenaga tinggi akibat badai matahari terkuat sejak 2005. Menurut para ilmuan, partikel-partikel tersebut menjadi ancaman bagi satelit dan astronot karena bisa merusak peralatan elektronik.

Tak hanya itu, partikel-partikel tersebut juga bisa mengganggu komunikasi pesawat-pesawat udara yang melintas dekat wilayah kutub. Badai geomagnetis itu disebabkan oleh letusan suar matahari yang terjadi Senin (23/1) lalu. Efek badai ini akan dirasakan di bumi sepanjang hari ini.

Dampak lain badai partikel itu adalah penampakan aurora atau 'cahaya utara,' di kawasan selatan bumi, atau lebih jauh dari biasanya. amun sayang hal itu tidak bisa disaksikan dibelahan bumi Indonesia. Juru bicara badan antariksa AS, Nasa, mengatakan ahli-ahli penerbangan dan ilmuan matahari telah membuat model perkiraan dampak letusan suar tersebut.

Mereka memutuskan bahwa enam astronot di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) tidak perlu mengambil tindak pencegahan untuk melindungi diri mereka dari banjir partikel.

Suar matahari disebabkan letusan mendadak energi magnetis yang tersimpan di atmosfer matahari. Peristiwa itu disebut dengan pengeluaran massal korona (CME), yaitu semburan partikel-partikel bermuatan ke antariksa.

Pusat Cuaca Antariksa Goddard Nasa memprediksi bahwa CME bergerak dengan kecepatan 2.200 km/detik ketika mencapai magnetosfir bumi, yaitu selubung magnetis planet Bumi pada Selasa pukul 14.00 GMT atau 21.00 WIB.

Hal ini akan berdampak pada teknologi di Bumi, seperti tenaga listrik, sistem komunikasi dan satelit, termasuk sinyal navigasi satelit. Pada 1972, badai geomagnetis memicu letusan matahari yang melumpuhkan komunikasi telepon jarak jauh di seluruh negara bagian Illinois, AS.

Dan pada 1989, badai lain membuat enam juta orang terpaksa hidup tanpa listrik selama beberapa waktu di provinsi Quebec, Kanada. Namun seorang juru bicara Pusat Prediksi Cuaca Antariksa AS mengatakan efek letusan matahari kali ini lebih rendah dari dua badai sebelumnya. (BBC/DOR)

2 komentar:

  1. efek apa yg terjadi jika badai tsb mengahntam bumi,dan efek nya lebih besar dari dugaan anda

    BalasHapus
  2. sejauh ini yang paling bs dirasakan, karena sangat mencolok, adalah suhu panas di siang hari yang begitu menyengat. berbeda dengan hari-hari sebelumnya. sinyal HPku juga sering lelet. ini bukan dr Hpnya loh. heheheh. dampak lain yang lebih besar adalah, dalam rentang tahun ini akan ada banyak bencana di dunia. karena konstelasi alam yang tidak lagi berimbang. mari sama-sama kita lihat nantinya.

    BalasHapus

ISTIKQOMAH MEMANG SULIT

Dulu di awal mula aku bikin blog ini, semangatnya bukan main. Blog ini benar benar aku mulai dari nol. Berawal dari sering buka alamat blo...