Rabu, 09 Juni 2010

Allah Mengasihi kita lewat Al Qur'an

Bismillahirrohmanirrohim,
Tafsir QS Ar Rahman 1-2
الرّحمن  علّم القرآن


  • Ar Rahman, Menurut Sebagian Ulama’ Tdk Berasal Dari Akar Kata Rahmat Atau R-h-m. Ia Adalah Sebutan Bagi Nama Allah. Lihat Q.S. Al Furqon (25) : 60

وإذا قيل لهم اسجدوا للرحمن قالوا وما الرحمن أنسجد لما تأمرنا وزادهم نفورا
Artinya : "Dan apabila dikatakan kepada mereka: "Sujudlah kamu sekalian kepada Ar Rahman  (Yang Maha Penyayang)", mereka menjawab: "Siapakah yang Maha Penyayang itu? Apakah kami akan sujud kepada Tuhan Yang kamu perintahkan kami (bersujud kepada-Nya)?", dan (perintah sujud itu) menambah mereka jauh (dari iman)."

  • Oleh karenanya ia (kata Ar Rahman) tdk dapat disandang oleh selain Alloh SWT . Lihat Q.S. Az Zukhruf (43) : 45.

واسأل من أرسلنا من قبلك من رسلنا أجعلنا من دون الرحمن آلهة يعبدون
Artinya : "Dan tanyakanlah kepada rasul-rasul Kami yang telah Kami utus sebelum kamu: "Adakah Kami menentukan tuhan-tuhan untuk disembah selain Ar Rahman (Allah Yang Maha Pemurah)?"


  •   Ia Berasal Dari Kata Rohkhman (Bahasa Ibrani), Sehingga Ditegaskan Dgn Kalimat Rahim.  Ikut Wazan Fa’lan (Kesempurnaan Atau Kesementaraan) Rahim—faiil : Kemantapan Kesinambungan.
  •   Rahman Tdk Ada Bentuk Jama’, Berbeda Dgn Rahim ---Ruhama’ (Q.S. Al Fath 48 ; 29)


Syaikh Muhammad Abduh berkata : Rahmat bersifat sementara, meskipun rahmatnya bersifat menyeluruh,namun ia tdk langgeng—seperti dunia ini. berbeda dengan rahim yang berarti kemantapan kesinambungan (nikmat kasih saying Allah yang kelak akan diperoleh setiap muslim di akhirat, nikmat yang langgeng dan terus menerus, abadi.)


  •   علّم  ia adalah fiil madhi tsulasi mazid : yg memiliki arti mengajarkan . Maka Allah itu adalah Grand Masternya pengajar. Semua yang ada di dunia ini bodoh kecuali setelh diajarkan ‘sesuatu’ kepadanya. Lihat Q.S Al Baqarah : 30. dari sinilah lalu timbul ilmu pengetahuan.

  •   قرأ  berasal dari kata q-r-a  yang berarti membaca. Memang Alqur’an adalah mu’jizat Allah yg diberikan kpd Rasulullah saw yg berisikan bacaan-bacaan, ayat-ayat Allah yang ada di mayapada ini.

  •   Allah mengajarkan Alqur'an kepada Rasulullah saw lewat perantaraan wahyu yang dibawa oleh Jibril. Pengajaran ini dapat kita lihat di dalam surat Al Qiyamah : 17-18

لا تحرك به لسانك لتعجل به  إن علينا جمعه وقرآنه   فإذا قرأناه فاتبع قرآنه
Artinya : " Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk (membaca) Al Qur'an karena hendak cepat-cepat (menguasai) nya. Sesungguhnya atas tanggungan Kami-lah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya. Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu."


  •   Pertanyaan yang mungkin muncul di enak kita adalah  : mengapa mengajari Alqur'an adalah sebuah bentuk kasih sayang Allah kepada hambaNya? Dengan Alqur'an lah Rasulullah saw menerangi bangsa Arab (pada saat itu) dan dunia dari kegelapan, kebodohan yang mereka derita. Lantaran mengenal Alqur'an kemudian mereka menjadi bangsa yang maju, bangsa yang mengenal peradaban dan menjadi manusia yang beradab. Ini adalah nikmat Allah yang tiada tara. (wallohu a'lam bish-showab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ISTIKQOMAH MEMANG SULIT

Dulu di awal mula aku bikin blog ini, semangatnya bukan main. Blog ini benar benar aku mulai dari nol. Berawal dari sering buka alamat blo...